Jumat, 27 Desember 2013

HELMINTOLOGI

Apa itu helmintologi??

HELMINTOLOGI adalah ilmu yang mempelajari parasityang berupa cacing.
berdasarkan taksonominya, helmint di bagi menjadi :
1. NEMATHEHELMINTES (cacing gilik )
2. PLATYHELMINTHES (cacing pipih)
pada stadium dewasa cacing cacing yang termasuk NEMAHELMINTHES (kelas NEMATODA) berbentuk bulat memanjang pada potongan transversal tampak rongga pada badan dan alat alat. cacing ini mempunyai alat kelamin terpisah.
dalam parasitologi kedokteran diadakan pembagian nematoda menjadi nematoda usus yang hidup di rongga usus dan nematoda jaringan yang hidup di jaringan berbagai alat tubuh.
cacing dewasa merupakan PLATYHELMINTES mempunyai badan pipih , tidak mempunyai rongga badan dan biasanya bersifat hemafrodit.
PLATYHELMINTES dibagi menjadi kelas TREMATODA ( cacing daun ) dan kelas CESTODA (cacing pita) . cacing trematoda berbentuk daun badanya tidak bersegmen, mempunyai alatpencernaancacing cestoda mempunyai badan yang berbeentuk pita yang terdiri dari skoleks , leher dan badan (strobila) yang bersegmen (proglotid), makanan diserap melalui kulit (kutikulum) badan.

NEMATODA
nematoda mempunyai jumlah spesies yang terbesar di antara cacing cacing yang hidup sebagai parasit. cacing cacing ini berbeda beda dalam habitat , daur hidup dan hospes parasit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar